Choose Your Words Wisely!


Saya termasuk orang yang sangat hati-hati dalam berkata, tetapi agak blak-blakan. Blak-blakannya juga sifatnya lebih ke jujur. Jadi kalau ada yang nanya pendapat saya tentang dia atau pertanyaan yang bersifat spontaneous saya akan jawab jujur. Selain itu saya agak ragu untuk berpendapat, karena ketidakpercayaan saya dengan kata atau kalimat yang saya akan lontarkan nantinya.

Kadang orang main berkata saja tanpa dipikirkan matang-matang, yang pada akhirnya malah menyesal, “Kenapa gue bisa ngomong kaya tadi ya?” biasanya itu berawal dari reseptor yang merangsang ke saraf pusat seseorang secara spontan. Kita nggak bisa menyalahkan saraf, resptor, atau sistem tubuh kita. Kadang kita sendiri yang harus pintar-pintar bermain kata, mengaturnya terlebih dahulu, baru diucapkan.

Ada juga yang bermain kata-kata malah yang dikeluarkan dari mulut sifatnya malah merendahkan dirinya, atau membuatnya memiliki aura negatif (bikin diri kita merasa semakin bersalah). Masih banyak orang yang salah dalam mengatur kata, niatnya memang ingin meminta maaf atau ingin memuji, tetapi yang keluar malah artinya lain atau bisa merendahkan diri sendiri.

Contoh:



Biasanya ketika kita merasa nggak enak atau berbuat salah, pasti kita langsung mengucap maaf dan malah merendahkan diri kalian sendiri seperti gambar yang ada tanda (X) diatas. Daripada kita menggunakan maaf yang malah bikin kita nggak enak dan menjatuhkan diri sendiri, lebih baik menggunakan kata terima kasih, seperti gambar yang ada tanda (√).

 


Sama seperti gambar sebelumnya, kedua gambar ini mengungkapkan rasa bersalahnya dengan "Tolong maafin aku." Jadi, daripada minta maaf, lebih baik terima kasih. Choose your words wisely guys.











Dalam berhubungan juga lebih baik saling mengerti satu sama lain. Kadang kalau wanita yang salah, cowoknya juga nggak bisa seratus persen menyalahkan sang wanitanggak tau kenapa bisa gitu, tetapi rata-rata cowok pasti seperti itu, mungkin sudah kodratnya juga.

Jadi, daripada harus mendengar sang wanita meminta maaf dan malah tekanan batin sendiri cowoknya, lebih baik sang wanita bilang terima kasih. Selain wanitanya nggak merasa bersalah, cowoknya pun merasa seperti dipuji.










Once again, before you speak up choose your words more wisely guys. Don't let yourself down and make everyone you loves happy.

Komentar

Postingan Populer