Drama di Singapura

 

Terima kasih untuk Mbak Lenti

Mbak-mbak di counter check-in AirAsia di Changi Airport Terminal 4, Singapore

Mas Barista Coffee Bean di waiting room Changi Airport Terminal 4, Singapore

Sekian orang-orang yang membuat gue gak berubah jadi Hulk setiap saat, cukup Mamake-my partner/enemy in travel. Kalo jalan-jalan sama Mamake, kalo gak adu bacot hal apa aja, ya manja-manjaan, begitulah kami.

Trip ke Singapura kali ini naudzubillah banget. Kayaknya gue akan istirahat lagi sampai tahun depan untuk pergi ke Luar Negeri. Unpredictable banget Tuhaannnn!!

Mau cerita perjalanan ini aja berat banget ini. Kayak mengingat memori-memori itu membangkitkan sel-sel hijau Hulk kembali kedalam badan gue. Kebetulan gue lagi ngikutin series SheHulk jadi kepake juga lah ya idenya J

Seharusnya tgl 1 Oktober gue ada trip ke Padang. Planning udah sekitar empat bulan sebelum keberangkatan, tapi tiket belum juga di ganti tanggal sama Bapake (long story short Bapake kerja di maskapai, jadi urusan tiket pesawat kita serahkan ke beliau). Tiba-tiba dua minggu sebelum keberangkatan Mamake memutuskan “Yuk ke Singapore!” wow ini Mamake habis liat apalagi di Facebook?

Alhasil kepergian gue ke Padang gue undur lagi dan memilih menemani Mamake ke Singapura, udah lama juga kan ya selama pandemik ini nggak ke luar negeri. Tadinya gue berencana mengajak Atisa, tapi karena tiket gila-gilan banget jadi dia gak bisa ikut. Lebih kaget lagi pas tau harga hotel yang start from 3jtan. Anjir, selama gue ke Singapura harga 500rban pun juga masih ada loh, what’s happen in Singapore man??

Seminggu sebelum keberangkatan udah wanti-wanti Mamake bahwa kita bakal susah banget-nget-nget dapet hotel. Sampe tiap hari gue pantau tuh semua website per hotelan, mulai dari google, website dari luar juga, bahkan gue sampai DM langsung ke IG hostel-hostel di Singapura. Sampai H-2 keberangkatan hasil masih nihil. Jam makan siang gue cari info di website changi airport sampai website Singapore, event-event yang terpampang hanya acara seputar Halloween dan Tahun baru. Lalu kenapa harga hotel di Singapore itu gila-gilaan woy!? Sumpah saat itu juga gue kepikiran untuk cancel trip ini, toh belum beli tiket juga karena full juga pada tanggal itu, hanya bisa mengandalkan ID90.

Mamake tetap berkata, “Lah kelas mama udah pada cari cover-an semua, kalo nggak jadi nganggur dong sabtu-mingu!” udah perbanyak istigfar aja dah kalo ngadepin Mamake yang membahas tentang pekerjaannya. KERAS KEPALA!

H-6 jam sebelum keberangkatan makin tambah cenat-cenut, karena tiket hotel belum dapet, seat pesawat tinggal 4, perbanyak doa aja dah itumah. Bapake udah mengalah dengan membayar full tiket hotel kami berdua, tapi Mamake kekeh nggak mau mengeluarkan 3jt something untuk hotel biasa aja. Gue sih juga nggak mau, kalo Mamake mau menurunkan ego-nya semua akan aman Ma! Seandainya ini sampai di Mama gue, tolong ya kalau traveling sama gue didengerin aja anaknya, kalo nggak gue tinggal di bis nanti! (Ya Allah durhaka banget, nggak kok bercanda Ma. Paling nggak gue ajakin jalan-jalan lagi aja J).

Sehabis sholat Subuh, gue dan Mamake berangkat ke Terminal 3 Soekarno Hatta, Jakarta dan berharap mendapatkan sisa tiket flight pertama ke Singapore. Bismillah lah yah.

“Mas, mau tuket ID90 kemana ya?” tanya gue sesaat sampai di counter AirAsia.

“Oh, sama Mbak Lenti ya kak. Kesitu tuh.” Ujarnya sambil menunjuk ke mbak-mbak mungkil memakai kerudung di counter paling ramai. Badannya boleh mungil, tapi super cekatan. Karena saat gue hendak menghampirinya, dia sedang berpindah counter ke yang lebih sepi. Aku mengikutinya sampai ia duduk di balik meja counter.

“Misi mbak. Aku mau tuker ID90 ke Singapore dong.” ucap gue dengan senyum paling manis. Ahelah lupa gue lagi pake masker. Yaudah yang penting sopan dan baik hati hehe.

“Eh bentar ya mbak, masih rame soalnya. Stand by nggak papa kan ya?” tanyanya sedikit terburu-buru dan gue balas dengan anggukan aja. Gue pun nggak bisa apa-apa juga kan ye?

Tiga puluh menit kemudian, gue mulai panik nungguinya. Si Mbak Lenti ini mondar-mandir terus dan tiba-tiba aja tatapan kita bertemu yang langsung gue ambil kesempatan untuk bertanya kembali. “Gimana mbak ID90 ke Singapura nya dah ready?”

“Eh ke Singapore???” aku yang ngeliat respon mbak Lenti makin keringet dingin. “Saya kira tadi ke Kuala Lumpur.” Ya Allah pas denger jawaban mbak Lenti selanjutnya makin bikin senam jantung. Njir ini 30 menit lagi tuh pesawat mau berangkat. Aaaakkk!!!

Gue yang nggak bisa berkata apa-apa hanya menjawab sambil ketawa, mencoba menghibur sendiri. Mbak Lenti seperti mengabari rekan kerjanya untuk memberi ia waktu untuk mengisi data ID90-ku dan Mama.

“Bentar ya mbak aku buatin dulu.” ujarnya yang masih sibuk mengetikkan sesuatu setelah berhasil mengabari rekannya. Aku pun langsung inisiatif memberikan KTP beserta pasporku dan Mama. Sambil menunggu Mbak Lenti mengetik sesuatu di layar komputernya. Aku berusaha mengatur strategi untuk lari secepatnya menuju Gate 2 dari sini. Ini ibarat lari dari ujung ke ujung lainnya terminal 3 bandara Soekarno-Hatta.

Setelah gue dapat tiket, gue langsung memberi mama aba-aba untuk segera kalau perlu lari sekencangnya menuju gate 2. Untung aja imigrasi lagi nggak begitu ramai, tapi drama kami belumlah usai. Boleh yang lagi baca disiapin lagi snacksnya, diisi lagi minumnya, nyambi bikin mie juga boleh.

Saat paspor gue dan Mama di cek, kami menghadapi sesi interview. Mungkin karena paspor kami sama-sama baru diperpanjang, so this is our first flight with the new passport. Mungkin agak ketat juga kali ya paska pandemik ini. Cukup makan waktu lebih dari 5 menit dan setelah itu gue menggamblok koper gue, yang emang bisa dibawa sebagai backpack. Alhamdulillah bawaan sih gak berat, wong Cuma dua hari juga perginya. Gue udah lari duluan, sedangkan Mama masih menyeret kopernya sambil berlari kecil. Astaga ini ternyata beneran jauh Ya Allah!!

Gak tau juga udah berapa kilometer, yang pasti hampir lima belas menit kami lari dan gue berhasil mengenali salah satu penumpang yang sama dengan penerbangan kami masih melihat-lihat stand jajanan di waiting room, so gue mulai tarik napas dan berhenti berlari. Gue gobyos banget, lelah dan gondok!! Gue selalu benci imigrasi!!!

Sampai di tempat duduk pesawat gue yang Alhamdulillah di pinggir, gue langsung tepar setepar-teparnya. Gue bener-bener tidur sepanjang penerbangan dan syukurnya masuk Singapura kini gak perlu isi kertar, cukup scan barcode untuk e-form gitu. Cuman yang bikin bete dan gondok, nih website e-form nggak bisa ditinggal lama layarnya, kalo nggak dia balik ke halaman awal. Kembali ke awal lagi, Kakak. Mana bisa gitu, kalo gue juga harus bentar-bentar bantuin Mama isi e-form beliau ye kan? Arrggghhh…

Tips: Btw, di e-formnya nanti ada pilihan group dan individu. Kalau kalian sekeluarga mending pilih yang group aja, biar gak kebanyakan inhale, exhale kayak gue. Lumayan stuck lima menit cuma buat isi dua kepala padahal kita satu keluarga. Apalagi lo bawa rombongan.

Urusan imigrasi Singapore wes tak taklukan, aman syudah. Nah kembali lagi ke urusan penginapan yang masih belum terpecahkan. Cuman kan kunjungan gue bukan mikirin itu doang yaaaa… first, let me enjoy my trip.

Tujuan pertama kami adalah ke Jewel, pas itu belum puas muterin Jewel, karena cuma buat transit aja, jadi cepet banget. Jewel salah satu destinasi yang gak buang ongkos transportasi dan gratis menikmati air terjun buatan di dalam sebuah mall. Gue kebetulan mendarat di terminal 4, Changi Airport jadi udah ada bus yang langsung menuju Jewel. Tinggal duduk manis ae, 5-7 menit wes nyampe depan pintu Jewel.

Dulu pas pertama kali ke Jewel cuma eksplor bagian atas, karena kebetulan Mama nanya kalau pusaran air yang ada di air terjun itu sedalam apa. So, mari kita eksplor bagian bawah atau lantai bawah Jewel. Ternyata dibagian bawahnya penuh dengan restoran dan tempat makan, termasuk dengan bagian bawah dari air terjun di Jewel. Lumayan dapat spot foto baru.

Kami menyempati makan siang yang dirapel dengan sarapan di Toast Box, lumayan ada paket set gitu udah dapat Mee Rebus, satu slice kue cokelat dan teh tarik hangat. Wuenak sih, tapi mungkin standar di Singapore tuh biasa aja harganya, tapi mahal buat gue. Satu set $8.80

 

Setelah itu gue membawa Mamake ke daerah Little India sambil menyeret koper-backpack, sekalian nanya-nanya hotel atau hostel disekitaran sana. Gue udah tiga kali keluar masuk dan hasil masih nihil, tadi di Jewel sempet bilang juga ke Mama apa kita nginep di Lounge di Jewel aja? atau mau ngemper aja di Changi? Mama cuma iya aja dan masih berat hati mengeluarkan duit 3jtan buat hostel. 


Mama sempet belanja beberapa cokelat buat oleh-oleh the cheapest mini market gitu, gue agak lupa apa namanya, pokoknya jualannya murah-murah lah, tapi bukan 1$ market yak. Habis nemenin mama sholat di masjid deket Mustafa gitu, kami mampir juga sekalian ke Mustafa, biar besok gak usah balik-balik lagi kesini. Ya Allah saking lupa, tujuan kita ke Little India aslinya bukan cari hotel atau ke Mustafa yak, tapi pingin ke Tan Teng Niah House, kalo liat di Internet bagus. Rumahnya warna-warni gitu, pas liat langsung, yah… mampir sendiri aja deh kalian kalo ke Singapore.

Setelah selesai belanja di Mustafa, another drama datang. Diluar ternyata sedang hujan angin, ditambah barang bawaan udah banyak karena mama udah borong banyak, dan kita masih belum punya tempat menginap, mau nangis aja di tengah jalan rasanya. Akhirnya gue inisiatif cek hotel lagi, ternyata ada yang murah sekitar 2,3jt di daerah Geylang, gue sedikit memaksa dan merayu Mama untuk menyutujui itu, kalo nggak gue nangis di tengah jalan beneran. Yang terakhir nggak beneran kok.

Setelah kita udah dapet penginapan, gue berusaha mesen go car atau grab car atau grab taxi, tapi nggak ada yang mau pick up. Setelah hujan agak udah reda, gue langsung ngeluarin jas hujan dan kita menerobos hujan yang masih lumayan untuk menuju MRT Farrer Park. Sesampainya di Hotel yang yahhhh bintang 2 sih kayaknya, kami istirahat bentar menuju maghrib kami pergi ke Garden by The Bay.

Sebenernya udah pernah juga, tapi belum pernah nonton pertunjukan light and music show disana. Pas itu cuma masuk ke Flower Dome dan Cloud Forest, recommended banget sih itu. Kali ini kita cuma mau nonton pertunjukkan gratisnya aja. Pas lagi nunggu, sebelah kami ada empat perempuan kalo yang didengar dari percakapannya sepertinya orang Korea Selatan. Mereka menggelar kayak kain untuk piknik gitu, terus tiduran pas pertunjukkan berlangsung gue iri. Lah iya pertunjukkan gini emang enaknya sambil tiduran, atau kalo punya pasangan sambil joget aja, Sumpah itu seru banget sih.


Setelah dari Garden By The Bay, gue sama Mama menyusuri Clarke Quay yang rame banget dengan party people, udah kayak senoparty lah. Malam minggu juga sih, tapi gue bukan anak party dan gue bawa Mama. So, kita cuma keliling-keliling aja bentar, beli ramen untuk kita seduh di hotel.

 


Day 2, hari kedua gue mengajak Mama ke Fort Canning Park, disitu tempatnya luas banget. Kami sempat foto-foto dan Mama sempat ikut zumba outdoor yang ada disitu. Doi seneng banget, ketemu hal kesukaannya. Terus gue ketemu dengan spot foto yang gue incer dari lama yaitu, Fort Canning Tree Tunnel atau si Spiral Staircase, pas nyampe sana Ya Allah antrinya luama banget, karena Mama udah pegel, akhirnya gue Cuma foto spotnya aja dan di tunnelnya. Kalian kalau mau nggak ngantri dateng pas weekdays, kalo nggak dari subuh. Gue dateng jam 9 aja udah ruame banget.

Sehabis dari situ, kami langsung ke Bugis, mama masih mau berburu cokelat buat dirinya dan oleh-oleh. Mama tuh mau dimana aja, pasti yang dicari cokelat duluan. Keluar dari MRT Bugis, kami langsung menuju pasar di ujung bagian belakang atau entah itu pintu masuk mana, pokoknya dekat yang jual buah-buahan ada cheap market $1. Ternyata pas udah exciting-excitingnya Mamake si toko the tutup, pas dicari infonya ternyata dia pindah. Yaudah akhirnya melipir beli buah aja, kebetulan lagi murah-murah banget. Dapet anggur yang tanpa biji, plus manis, enak banget lah cuma $3.80, jeruk  sekantong (duh ini gue lupa berapa gramnya) pokoknya cuma $2.30 kayak jeruk mandarin gitu tapi manis, asem dikit, suweger. Kita nggak muter-muter Bugis karena gak ada yang dicari lagi juga disitu. Mampir ke Ayam Penyet Ria, untuk makan siang. Mama pesan Iga Penyet $9 gue Ayam Goreng $8.90, jujur agak pricey walaupun dagingnya gede. Kalo di Jakarta sih Lalapan gini paling mentok semahal-mahalnya 40rb-an. Setelah itu balik lagi ke hotel untuk ambil koper kita, Mama sekalian ngatur belanjaannya, karena tadi sempet mampir di seven eleven dan warung depan hotel gitu buat beli kacang dan cokelat. Jam tiga kita harus udah ada di counter check in untuk tuker ID90, iya tiket pulang pun kita belum punya. Sesampai di terminal 4, urusan ID90 lebih lancer karena masih ada stok 10 kursi kosong.

Setelah urusan scan, imigrasi, sebelum duduk manis di waiting room, Mama berinisiatif menghabiskan recehannya karena nggak bisa ditukar juga pas sampai Jakarta. Jadi kita mengumpulkan recehan yang tersisa untuk beli kopi di Coffee Bean. Sebelum ke depan kasir, kita udah menghitung recehan dan menyocokkan menu apa yang bisa dibeli dengan sisa recehan ini. Sesampainya di kasir, gue langsung mengeluarkan semua recehan yang ada dengan memesan satu café latte blended dan Mas-nya berbaik hati menghitung semua recehan itu dengan senyum yang manis. Padahal tadi gue udah mempersiapkan diri kalo dijutekin. Iya gue heran, hamper 70% pelayan restoran, kedai makan di Singapura itu judes-judes banget, bikin nggak nafsu makan aja. Ternyata Mas Coffee Bean berbeda, seneng pulang nggak bete.

Yaudahlah sekian drama jalan-jalan kali ini. See you in another travel.

Komentar

Postingan Populer